Sisa Nasi Kemarin Jangan Dibuang, Bisa Dibuat Kerupuk Gendar" Begini Cara Buatnya...Bagikan Tips Ini Semoga Bermanfaat!!!


Kesempatan kali kami akan berbagi bagaimana bikin kerupuk Gendar dari bekas nasi tempo hari. Nasi yang dipakai bukanlah dalam kondisi basi yah. Oke, kita segera praktekkannya.

Bahan :
300 gr nasi
200 gr tapioka/sagu

Bumbu Pelengkap :
1 sdm ketumbar
3 siung bawang putih
3 lembar daun bawang (irislah tipis)
3 lembar seledri (irislah tipis)
3 sdt garam/kaldu bubuk
2 sdm ebi (kebetulan ada bekas ebi, asal saja idenya, namun buat lebih enak)

Langkah Membuatnya :
Nasi di rendam dengan air mendidih janganlah sangat banyak, seperlunya hingga agak terendam saja nasinya. Tutup baskomnya dengan panci.


Jus nasi serta bumbu-bumbu hingga halus serta tercampur rata. Terakhir masukan daun bawang serta seledri, jus sebentar. Hasil nya nasi seperti tim atau bubur yg sangat kent4l, jadi tak cair ya. Saya memakai hand jus. Bisa jadi waktu melembutkan, akhirnya akan beda, tergantung dari kemampuan jus/hand jus masing-masing.


Berikan tapioka/sagu sedikit untuk sedikit sampai tercampur rata.


Sebelumnya loyang dialasi dahulu memakai plastik tebal/daun pisang, oleskan dahulu sedikit minyak. Masukan adonan nasinya.

Tekan-tekan, dengan memberikan tapioka/sagu di tangan.

Kukus sepanjang 30-40 menit.


Bila telah dingin, mengeluarkan dari loyang. Cobalah iris, bila agak sulit, diamkan didalam kulkas semalaman. Besoknya lebih mudah untuk iris tipis.


Susun dalam nyiru (bhs sundanya nampah)
Jemur 2-3 hari. Bergantung cuaca. Bila telah kering, goreng dengan minyak panas. Siap dinikmati.

Dan hasilnya akan seperti ini....

Selamat mencoba..

from Liputan Media http://ift.tt/210DqVt
Sisa Nasi Kemarin Jangan Dibuang, Bisa Dibuat Kerupuk Gendar" Begini Cara Buatnya...Bagikan Tips Ini Semoga Bermanfaat!!! Sisa Nasi Kemarin Jangan Dibuang, Bisa Dibuat Kerupuk Gendar" Begini Cara Buatnya...Bagikan Tips Ini Semoga Bermanfaat!!! Reviewed by Unknown on 05.23 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.