TAHUKAH ANDA..??? SIAPA YANG MEMBERIKAN NAMA-NAMA SURAT DALAM AL-QUR'AN?? INILAH JAWABANNYA.......


Mungkin saja ada di antara Anda semua yang belum tahu atau masih bertanya-tanya, siapakah yang memberi nama surat dalam Alquran? Nabi ataukah para sahabat?

Mengenai hal tersebut, ada beberapa hadis sahih yang menjelaskan jika Rasulullah SAW memberi nama beberapa surat dalam Alquran, di antaranya Al-Fatihah, Al-Baqarah, Ali Imran dan Al-Kahfi.

Namun para ulama berbeda pendapat tentang apakah Nabi SAW memberi nama semua surat
dalam Alquran. Atau mungkin ada sebagian surat yang pemberian namanya berdasarkan ijtihad sahabat.
Ada dua pandangan ulama tentang hal tersebut . Pertama, semua surat dalam Alquran, yang memberi nama yaitu

Rasulullah SAW.


Pandangan ini dipegang oleh mayoritas ulama.

Salah satunya, Imam Ibnu Jarir at-Thabari (w. 310 H), beliau mengatakan, “Semua surat-surat dalam Alquran mempunyai nama yang diberikan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. ” (Jami’ al-Bayan fi Ta’wil Alquran, 1/100)

Demikian pula pendapat Syaikh Sulaiman al-Bajirami (w. 1221 H). Beliau menyampaikan, " Nama-nama surat, berdasarkan petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Karena nama-nama surat, urutan surat, dan urutan ayat-ayat, tiga hal tersebut, semua berdasarkan petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, atas bimbingan Jibril ’alaihis salam kalau sistematika Alquran di Lauhul Mahfudz yaitu seperti itu. " (Tuhfah al-Habib ’ala Syarh al-Khatib, 4/222).

http://www.updateinformasikesehatan.com/2016/05/tahukah-anda-siapa-yang-memberikan-nama.html

TAHUKAH ANDA..??? SIAPA YANG MEMBERIKAN NAMA-NAMA SURAT DALAM AL-QUR'AN?? INILAH JAWABANNYA....... TAHUKAH ANDA..??? SIAPA YANG MEMBERIKAN NAMA-NAMA SURAT DALAM AL-QUR'AN?? INILAH JAWABANNYA....... Reviewed by Unknown on 00.57 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.