JANGANLAH USIR ANAK-ANAK DARI MASJID..!!! BERIKUT YANG DI AJARKAN RASULULLAH.. SILAHKAN DISHARE AGAR BANYAK YANG TAHU

Jangan Usir Anak-Anak Dari Masjid, Inilah yang Diajarkan Rasulullah

Banyak pengurus masjid tak sabar hadapi anak-anak kecil yang lalu-lalang keberadaannya di masjid. Banyak di antara mereka malah mengusir mereka keluar masjid, atau meletakkan di shaf paling belakang supaya tak mengganggu jamaah yang lain.

Walau sebenarnya, nabi kita Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassallam malah berhubungan dengan anak-anak di masjid waktu shalat. Perlakuan Rasulullah ini begitu tidak sama jauh dengan fakta yang dikerjakan oleh sebahagian oknum Muslim pada anak-anak yang sukai bermain di masjid.

Tersebut sebagian masalah perlakuan yang dikerjakan oleh Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassallam pada anak-anak di masjid. Tulisan ini di ambil dari Judul Asli طرد الأطفال من المسجد بحجة التشويش على المصلين dari laman https :// ar. islamway. net yang ditranslate Kivlein Muhammad.

Tulisan ini diinginkan sebagai pelajaran, supaya kita bisa meneladani baginda Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wassallam.

Janganlah Usir Anak-Anak Dari Masjid, Berikut yang Di ajarkan RasulullahPertama
Teman dekat Nabi yang bernama Syaddad ra meriwayatkan, kalau Rasulullah datang – ke masjid- ingin shalat Isya atau Zuhur atau Asar sembari membawa -salah satu cucunya- Hasan atau Husein, lantas Nabi maju kedepan untuk mengimami shalat serta menempatkan cucunya di sebelahnya, lalu nabi mengangkat takbiratul ihram mengawali shalat.

Ketika sujud, Nabi sujudnya begitu lama serta tak umumnya, jadi saya diam-diam mengangkat kepala saya untuk lihat apa kiranya yang berlangsung, serta benar saja, saya lihat cucu nabi tengah menunggangi belakang nabi yang tengah bersujud, sesudah lihat peristiwa itu saya kembali sujud berbarengan makmum yang lain. Saat usai shalat, beberapa orang repot ajukan pertanyaan, “wahai Rasulullah, baginda sujud begitu lama sekali tadi, hingga kami pernah menduga sudah berlangsung apa-apa atau baginda tengah terima wahyu”. Rasulullah menjawab, “tidak, tak, tak berlangsung apa-apa, hanya tadi cucuku mengendaraiku, serta saya tidak ingin memburu-burunya hingga dia merampungkan mainnya dengan sendirinya. ” (HR : Nasa’i serta Hakim)

عن شداد رضي الله عنه قال : خرج علينا رسول الله صلى الله عليه وسلم في إحدى صلاتي العشي الظهر أو العصر وهو حامل حسناً أو حسيناً، فتقدم النبي صلى الله عليه وسلم فوضعه عند قدمه ثم كبر للصلاة، فصلى، فسجد سجدة أطالها!! قال : فرفعت رأسي من بين الناس، فإذا الصبي على ظهر رسول الله صلى الله عليه وسلم وهو ساجد! فرجعت إلى سجودي، فلما قضى رسول الله صلى الله عليه وسلم الصلاة، قال الناس : يا رسول الله إنك سجدت سجدة أطلتها حتى ظننا أنه قد حدث أمر أو أنه يوحى إليك؟ قال : “كل ذلك لم يكن، ولكن ابني ارتحلني، فكرهت أن أعجله حتى يقضي حاجته” (رواه النسائي والحاكم وصححه ووافقه الذهبي)

Kedua
Abdullah Bin Buraidah meriwayatkan dari ayahandanya : Rasulullah tengah berkhutbah -di mimbar masjid- lantas -kedua cucunya- Hasan serta Husein datang -bermain-main ke masjid- dengan memakai baju kembar merah serta jalan dengan sempoyongan jatuh bangun- lantaran memanglah masihlah bayi-, lantas Rasulullah turun dari mimbar masjid serta mengambil ke-2 cucunya itu serta membawanya naik ke mimbar kembali, lantas Rasulullah berkata, “Maha Benar Allah, kalau harta serta anak-anak itu yaitu fitnah, bila telah lihat ke-2 cucuku ini saya tak dapat sabar. ” Lantas Rasulullah kembali meneruskan khutbahnya. (HR : Abu Daud)

وعن عبد الله بن بريدة عن أبيه رضي الله عنه قال : خطبنا رسول الله صلى الله عليه وسلم، فأقبل الحسن والحسين رضي الله عنهما عليهما قميصان أحمران يعثران ويقومان، فنزل فأخذهما فصعد بهما المنبر، ثم قال : “صدق الله، إنما أموالكم وأولادكم فتنة، رأيت هذين فلم أصبر”، ثم أخذ في الخطبة (رواه أبو داود).

Ketiga
Dalam Hadis lain dikisahkan, kalau Rasulullah shalat, apabila beliau sujud jadi Hasan serta Husein bermain menaiki belakang Rasulullah. Lantas, bila ada bebrapa teman dekat yang menginginkan melarang Hasan-Husein jadi Rasulullah berikan isyarat untuk biarkan, serta jika sesudah usai shalat rasulullah memangku ke-2 cucunya itu. (HR : Ibnu Khuzaimah)

وفي حديث آخر : كان الرسول صلى الله عليه وسلم يصلي، فإذا سجد وثب الحسن والحسين على ظهره، فإذا منعوهما أشار إليهم أن دعوهما، فلما قضى الصلاة وضعهما في حجره (رواه ابن خزيمة في صحيحه).

Ke empat
Abu Qatadah ra menyampaikan : “Saya lihat Rasulullah saw menanggung cucu perempuannya yang bernama Umamah putrinya Zainab di pundaknya, jika beliau shalat jadi ketika rukuk Rasulullah menempatkan Umamah di lantai serta jika telah kembali berdiri dari sujud jadi Rasulullah kembali menanggung Umamah. ” (HR. Bukhari & Muslim)

وقال أبو قتادة رضي الله عنه : رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم وأمامة بنت العاص -ابنة زينب بنت الرسول صلى الله عليه وسلم- على عاتقه، فإذا ركع وضعها وإذا رفع من السجود أعادها (رواه البخاري ومسلم).

Kelima
pada Kisah Lain Dari Abu Qatadah, menyampaikan “……… ketika rukuk Rasulullah menempatkan Umamah di lantai serta jika telah kembali berdiri dari sujud jadi Rasulullah kembali menanggung Umamah. Serta Rasulullah selalu lakukan hal semacam itu pada tiap-tiap rakaatnya hingga beliu usai shalat. ” (HR : Nasa’i)

وفي رواية أخرى عن أبي قتادة رضي الله عنه قال : بينما نحن جلوس في المسجد إذ خرج علينا رسول الله صلى الله عليه وسلم يحمل أمامة بنت أبي العاص بن الربيع -وأمها زينب بنت رسول الله صلى الله عليه وسلم- وهي صبية يحملها، فصلى رسول الله صلى الله عليه وسلم وهي على عاتقه يضعها إذا ركع ويعيدها إذا قام، حتى قضى صلاته يفعل ذلك بها (رواه النسائي).

Keenam
dalam hadis yang lain Rasulullah berkata, “Kalau tengah shalat, kadang-kadang saya menginginkan shalatnya agak panjang, namun bila telah dengarkan tangis anak kecil -yang dibawa ibunya ke masjid- jadi sayapun menyingkat shalat saya, lantaran saya tau begitu ibunya tak enak hati dengan tangisan anaknya itu. ” (HR : Bukhari Serta Muslim)

وفي حديث آخر : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : “إني لأدخل في الصلاة وأنا أريد إطالتها فأسمع بكاء الصبي فأتجوّز في صلاتي مما أعلم من شدة وجد أمه من بكائه” (رواه البخاري ومسلم).

Ketujuh
Anas meriwayatkan, “Pernah Rasulullah shalat, lantas beliau mendengar tangis bayi yang dibawa dan ibunya shalat ke masjid, jadi Rasulullah juga mempersingkat shalatnya dengan cuma membaca surat


enteng atau surat pendek. (HR: Muslim)

وفي رواية أخرى : قال أنس رضي الله عنه : كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يسمع بكاء الصبي مع أمه وهو في الصلاة فيقرأ بالسورة الخفيفة أو بالسورة القصيرة (رواه مسلم).

Kedelapan
Pada hadis lain diriwayatkan kalau Nabi memendekkan bacaannya ketika shalat Subuh (di mana umumnya senantiasa panjang), lantas teman dekat ajukan pertanyaan : “Ya Rasulullah mengapa shalatnya singkat, tak umumnya? Rasulullah menjawab, “Saya mendengar nada tangis bayi, saya sangka ibunya turut shalat berbarengan kita, saya kasihan dengan ibunya. ” (HR : Ahmad)

وفي حديث آخر أن النبي صلى الله عليه وسلم : جوّز ذات يوم في الفجر -أي خفف- فقيل : يا رسول الله، لم جوزت؟! قال : “سمعت بكاء صبي فظننت أن أمه معنا تصلي فأردت أن أفرغ له أمه” (رواه أحمد بإسناد صحيح).

Sembilan
Teman dekat Nabi Yang Bernama Rabi’ bercerita kalau disuatu pagi hari Asyura Rasululah kirim pesan ke kampung-kampung sekitaran kota Madinah, yang bunyinya “Barang siapa yang telah mengawali puasa dari pagi tadi jadi silakan untuk merampungkan puasanya, serta untuk yg tidak puasa juga silakan selalu berbuka”.

Janganlah Usir Anak-Anak Dari Masjid, Berikut yang Di ajarkan Rasulullah
Mulai sejak waktu itu kami selalu selalu berpuasa pada hari Asyura, demikian halnya anak-anak kecil kami banyak yang turut berpuasa dengan kehendak Allah, serta kami juga ke masjid berbarengan anak-anak. Di masjid kami mempersiapkan mainan spesial untuk anak-anak yang terbuat dari wool. Bila ada dari anak-anak itu yg tidak kuat berpuasa serta menangis minta makan jadi kamipun berikan makanan bukaan untuk dia”. (HR. Muslim)

وعن الربيع بنت معوذ رضي الله عنها قالت : أرسل رسول الله صلى الله عليه وسلم غداة عاشوراء إلى قرى الأنصار التي حول المدينة : “من كان أصبح صائماً فليتم صومه، ومن كان أصبح مفطراً فليتم بقية يومه” فكنا بعد ذلك نصومه ونصوم صبياننا الصغار منهم إن شاء الله، ونذهب إلى المسجد فنجعل لهم اللعبة من العهن، فإذا بكى أحدهم على الطعام أعطيناها إياه عند الإفطار (رواه مسلم) ،

Sekianlah begitu Rasulullah serta beberapa Teman dekat memanjakan anak-anak di masjid walau lumayan seru lantaran yang namanya anak-anak pastinya akan menyebabkan beragam masalah keributan serta tangisan yang mengakibatkan shalat atau beribadah jadi terganggu.

Tetapi, ada saja oknum pengurus masjid yang tetaplah ngotot menginginkan mengusir anak-anak serta menghindari mereka dari masjid dengan berdalil pada hadis lemah yang berbunyi :

“Jauhkan masjid Anda dari anak-anak serta orang hilang ingatan. ”

“جنبوا مساجدكم صبيانكم ومجانينكم”

“Hadis di atas lemah serta tak terang aslinya dari tempat mana, hingga tak dapat jadikan dalil”. Demikian kata beberapa ulama Hadis, seperti Al-Bazzar serta Abdul Haq Al-Asybili. Seperti Pakar Hadis Imam Al-Hafiz Ibnu Hajar serta Ibnu Al-Jauzi serta Al-Munziri serta Haitsami serta ulama-ulama lain juga melemahkan hadis itu. Banyak kelompok pemula yang menduga kalau hadis itu benar diriwayatkan dari Rasulullah hingga bikin mereka suka benar mengusir anak-anak dari masjid serta begitu tak sukai bila lihat anak-anak bermain di masjid. Ini yaitu sikap serta aksi yang begitu salah serta tak benar.

Yang benar yaitu Islam begitu perduli dengan anak-anak, serta memerintahkan beberapa bapak serta orangtua kerabat yang bertanggungjawab pada anak-anak untuk menyuruh anak-anaknya shalat mulai sejak usia 7 th.. Serta tempat yang benar dalam mengajarkan anak-anak shalat serta membaca Al-Quran serta hukum-hukum tajwid serta materi-materi keislaman yang lain, yaitu Masjid.

Seperti itu panduan serta dasar yang di ajarkan Rasulullah pada ummatnya berkaitan hubungan kita pada anak-anak di masjid. Hingga siapa saja tak bisa mengusir anak-anak dari masjid, sebab mereka yaitu pemuda-pemuda harapan hari esok.

Allah memerintahkan kita supaya meneladani Rasulullah pada segalanya, baik berkaitan masalah dunia ataupun akhirat, hingga telah selayaknyalah kita ikuti serta meladani Rasulullah dalam membiasakan anak-anak kita untuk mendatangi masjid serta bermain di masjid, dan tak membiarkan mereka ngumpul-ngumpul tak terang di ujung gang atau jalan yang cuma bakal mengakibatkan akhlak mereka jadi jelek lantaran dampak lingkungan serta rekan-rekan mereka yg tidak sehat.

Janganlah Usir Anak-Anak Dari Masjid, Berikut yang Di ajarkan Rasulullah
Serta misalnya juga sebahagian anak-anak yang datang ke masjid kerap jadi masalah untuk beberapa orang yang tengah shalat, baik lantaran nada tangisan mereka, jeritan serta lengkingan nada, tetapi jamaah masjid tak bisa meresponnya dengan kasar atau memarah-marahi anak-anak itu atau orangtua anak-anak, yang cuma bakal sebagian memberi keributan barusan. Serahkan hal semacam itu pada beberapa pengurus masjid atau remaja masjid untuk merampungkan permasalahan anak-anak itu dengan bijak serta baik seperti cara yang dikerjakan oleh Rasulullah.

Serta yang butuh diingat serta dicatat serta diamalkan yaitu sikap lemah lembut dalam merampungkan permasalahan anak-anak di masjid.

Rasulullah pernah bersabda, “Segalanya suatu hal yang diimbangi dengan kelembutan pasti bakal membuatnya jadi lebih cantik serta indah. Bila kelembutan terenggut, segalannya bakal jadi rusak serta buruk. ” (HR : Muslim)

“إن الرفق لا يكون في شيء إلا زانه ولا ينزع من شيء إلا شانه” (رواه مسلم).

Rasulullah yaitu teladan paling baik untuk kita. Pernah berlangsung seseorang Arab Badui masuk ke dapam Masjid Nabawi, lantas Si Badui buang air kecil didalam masjid itu. Lihat si badui pipis di masjid jadi beberapa teman dekat nabi geram. Menyikapi hal semacam ini Nabi juga merampungkannya dengan bijak serta lembut serta berkata, “Biarkanlah badui itu, kelak bila pipisnya telah usai mohon bersihkan serta siram kencingnya itu dengan air. Kalian -umat islam- ini diutus bukanlah untuk buat ribet, tetapi untuk memudahkan. ” (HR : Bukhari & Muslim)

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال : قام أعرابي فبال في المسجد!! فتناوله الناس، فقال لهم النبي صلى الله عليه وسلم : “دعوه، وهريقوا على بوله سجلاً من ماء أو ذنوباً من ماء فإنما بعثتم ميسرين ولم تبعثوا معسرين” (رواه البخاري ومسلم).

Islam melarang mengusir anak-anak keluar masjid. Islam malah mewajibkan umatnya membiasakan anak-anak datang ke masjid untuk belajar shalat, belajar membaca Al-Quran, belajar tajwid serta belajar hukum syariat yang lain.


sumber:http://ift.tt/1Xkak5R

from Liputan Media http://ift.tt/22zPjDj
JANGANLAH USIR ANAK-ANAK DARI MASJID..!!! BERIKUT YANG DI AJARKAN RASULULLAH.. SILAHKAN DISHARE AGAR BANYAK YANG TAHU JANGANLAH USIR ANAK-ANAK DARI MASJID..!!! BERIKUT YANG DI AJARKAN RASULULLAH.. SILAHKAN DISHARE AGAR BANYAK YANG TAHU Reviewed by Unknown on 05.32 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.